Sabtu, 11 Mei 2013

Mengenal Sudut

Sudut dalam geometri adalah besaran rotasi suatu ruas garis dari satu titik pangkalnya ke posisi yang lain. Besar sudut pada lingkaran 360°.Besar sudut pada segitiga siku-siku 180°.Besar sudut pada persegi/segi empat 360°.Untuk mengukur sudut dapat digunakan busur derajat. Tiap sudut segitiga sama sisi masing masing 60°, karena semua sudutnya sama besar maka 180° :3 = 60°. Sedangkan tiap sudut persegi 90° karena semua sudutnya juga sama besar maka 360° :4 = 90°. 

Hampir semua benda yang ada di sekitar kita memiliki sudut. Misalnya meja, kursi, pintu, dan sebagainya. Sebuah sudut terbentuk jika dua garis berpotongan. Lambang sudut adalah ∠. Perhatikan gambar di samping. Kedua garis berpotongan di B. Terbentuk 4 sudut. BA dan BC disebut sinar AB dan sinar BC. Kedua sinar mempunyai titik pangkal sama, yaitu B. Kedua sinar membentuk sudut B atau B. B dapat dilambangkan dengan 3 huruf. Sehingga B dapat ditulis ABC atau CBA. AB dan BC disebut kaki sudut.

Mengukur sudut dengan satuan baku
Satuan baku dalam pengukuran sudut adalah derajat (°) sedangkan alat yang digunakan untuk mengukur besar sudut adalah busur derajat. Untuk dapat mengukur besar sebuah sudut dapat mnegikuti langkah-langkah sebagai berikut.
Langkah 1
Impitkan salah satu kaki sudut dengan pusat busur.
Langkah 2
Kita baca dari kanan ke kiri. Titik O menunjukkan 0° dan titik D menunjukkan 130°. Jadi, besar sudut COD adalah 130°.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates